Tips Membuat Doa Yang Dikabulkan Oleh Tuhan

0
bagaimana cara agar doa yang dikabulkan

GenerasiTerang.com – Tuhan berkata dalam Yohanes 15:7 “7Jikalau kamu tinggal di dalam Aku dan Firman-Ku tinggal di dalam kamu, mintalah apa saja yang kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanya.” Tentu semua orang menginginkan hal ini terjadi dalam doa-doanya, tapi bagaimana membuat doa yang dikabulkan oleh Tuhan?

Syarat Agar Doa yang kamu naikkan boleh dikabulkan oleh Tuhan

1. Tinggal di dalam Kristus

tinggal dalam Tuhan
Tinggal dalam Tuhan menjadikan hati dan pikiran kita selaras dengan kehendak-Nya [imagesource]
Yesus mengumpamakan diri-Nya sebagai pokok anggur, dan murid-murid diumpamakan seperti carang-carang dari pokok anggur itu (Yohanes 15:1). Cara-carang pertama tersebut keluar dari pokok (Yesus) adalah berjumlah 12 carang. Dan dari 12 carang ini keluar carang-carang lain lagi sampai ke ujug bumi. Dan kita tidak tahu telah berada di carang yang keberapa sebab begitu luar biasa injil menjangkau seluruh dunia.

Dalam Yohanes 15:1 dikatakan bahwa ranting yang tidak berbuah akan dipotong-Nya, seperti Tuhan memotong Yudas Iskariot yang tidak mau bertobat. Tetapi ranting/cabang yang tetap tinggal di dalam pokok akan dibersihkannya sehingga ia tetap berbuah. Ranting-ranting itu bergantung sepenuhnya kepada pokok. Pokok mengalirkan zat-zat kehidupan ke dalam ranting-ranting sehingga ranting mengeluarkan tunas, daun dan buah, sampai buahnya bisa di panen.

Seperti perumpamaan itu, biarlah hidup kita bergantung kepada Kristus sebagai pokok anggur yang benar. Yesus mengalirkan zat-zat kehidupan dan kita menerimanya ketika kita mendengar dan mentaati Firman Tuhan yang senantiasa diberitakan kepada kita.

Ketika carang itu mengeluarkan tunas, bunga dan buah; maka milik siapakah tunas, bunga dan buah yang bergelantungan itu? Tentu saja itu semua milik dari pokok , sebab carang tidak bisa hidup bila ia tidak menerima zat-zat kehidupan dari pokok. Hidup kita bisa bertumbuh, dan menghasilkan buah-buah kehidupan yang memberkati orang lain itu semua karena kita menerima perkataan Firman yang diberikan oleh Kristus.

Baca Juga  Harga Yang Harus Dibayar

Jikalau kita sudah hidup tinggal di dalam Yesus, maka ketika kita sampai kepada titik “minta apa saja yang kamu kehendaki” maka semua yang kita minta itu akan dikabulkan Tuhan. Mengapa? Sebab apa yang kita doakan atau minta itu adalah kehendak yang dari Allah.

2. Firman-Ku tinggal di dalam kamu

hidup dalam firman
Firman itu harus menyatu dengan hidup kita

Artinya bahwa Firman itu harus menyatu dengan kita. Kita hanya bisa menyatu dengan Firman jika kita mencintai/suka akan Firman. Jangan hanya kita mendengar Firman di gereja saja, tapi di rumah tidak pernah baca Alkitab. Kita akan sangat beruntung bila kita benar-benar tertanam dalam Firman, sebab bila datang pencobaan maka kita tidak akan terpotong, kita akan terlindungi dan tetap kuat sehingga kita akan tetap terpelihara sampai pencobaa itu berlalu.

Firman itu harus menjadi rhema bagi kita; harus menjadi pengalaman dalam kehidupan sehari-hari kita. Jika Firman menjadi pengalaman sehari-hari maka Firman itu terpahat di dalam hati ita; Itulah yang dinamakan Firman-Ku tinggal di dalam kamu. Inilah yang menjadi kunci doa yang dikabulkan oleh Tuhan yaitu kita harus mempelajari Firman dan hidup seturut Firman Tuhan.

Jika kalian merasa diberkati dengan artikel rohani / renungan rohani ini, jangan lupa untuk share dan follow kami di instagram dan facebook.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here