Kunci Kemenangan Raja Asa Menjadi Pemimpin Kerajaan Yehuda

0
kunci keberhasilan raja asa

GenerasiTerang.com – Kerajaan Israel pada waktu itu sudah terpecah menjadi dua. Pertama adalah Kerajaan Yehuda dan Benyamin, yang beribukota di Yerusalem, dipimpin oleh Raja Asa pada waktu itu. Kerajaan kedua adalah Kerajaan Israel, yang beribukota di Samaria. Kerajaan Israel ini rajanya banyak yang jahat dan tidak taat kepada Tuhan. Berbeda dengan Kerajaan Yehuda yang dilindungi oleh Tuhan.

Apa yang menjadi kunci kemenangan Kerajaan Yehuda saat dipimpin oleh Raja Asa?

Baca 2 Tawarikh 15:1-2 “1 Asarya bin Oded dihinggapi Roh Allah. 2Ia pergi menemui Asa dan berkata kepadanya: “Dengarlah kepadaku, Asa dan seluruh Yehuda dan Benyamin! TUHAN beserta dengan kamu bilamana kamu beserta dengan Dia. Bilamana kamu mencari-Nya, Ia berkenan ditemui olehmu, tetapi bilamana kamu meninggalkan-Nya, kamu akan ditinggalkan-Nya.”

1. Tuhan beserta dengan kamu bilamana kamu beserta dengan Dia

Dalam terjemahan lain juga dikatakan “Tuhan beserta kamu bilamana kamu bersandar kepada Dia.” Yang menjadi kunci keberhasilan raja Asa yang pertama adalah dia bersandar kepada Tuhan. Musuh-musuhnya semua takut bukan kepada dia, tapi kepada Tuhan yang di dalam Raja Asa.

2 Tawarikh 15:9 “Ia mengumpulkan seluruh Yehuda dan Benyamin dan orang-orang Efraim, Manasye dan Simeon yang tinggal di antara mereka sebagai orang asing. Sebab dari Israel banyak yang menyeberang memihak kepadanya ketika mereka melihat bahwa TUHAN, Allahnya, beserta dengan dia.”

Bila kita hidup berpaut kepada Tuhan maka Dia akan menyertai kita, dan secara tidak langsung hidup kita menjadi kesaksian bagi orang lain. Meskipun hanya ada suku Yehudan dan Benyamin, namun kedua suku ini diberkati oleh Tuhan dan makmur karena mereka bersandar kepada Tuhan.

2. Bilamana kamu mencari-Nya, Ia berkenan ditemui olehmu

Yang menjadi kunci kemenangan Raja Asa dalam memimpin yang kedua adalah dia datang mencari Tuhan. Bagaimana kita mencari Tuhan?

  • Memulai hari kita dengan berdoa dan membaca Firman Tuhan
Baca Juga  Harga Yang Harus Dibayar

Selalu sediakan waktu untuk berdoa kepada Tuhan dan membaca Alkitab setiap pagi sebelum kita melakukan aktivitas dan berangkat kerja atau sekolah. Dengan begitu Ia akan menuntun kita menjalani hari itu dan memberikan perlindungan atas hidup kita.

  • Serahkan seluruh aspek hidup kita kepada Tuhan

Serahkan seluruh hidupmu, keluarga, pekerjaan, sekolah, pelayanan, dan lainnya kepada Tuhan.Ketika datang pencobaan, tantangan, kesulitan, kita harus terlebih dahulu mencari wajah Tuhan, setelah itu kita memulai aktivitas dengan suatu keyakinan kepada Tuhan.

3. Bilamana Kamu meninggalkan-Nya, kamu akan ditinggalkan-Nya

Disini menunjukkan kita mesti punya tanggung jawab, yaitu untuk tidak meninggalkan Tuhan. Kalau kita duluan meninggalkan Tuhan, Tuhan akan meninggalkan kita. Kita sering berkata bahwa Tuhan meninggalkan kita, hidup susah, ekonomi susah, bisnis melorot, dan sebagainya. Kemudian kita menyalahkan Tuhan karena Dia meninggalkan kita, tapi Dia tidak akan meninggalkan kita kalau kita tidak terlebih dahulu meninggalkan Dia. Bukan salah Tuhan, tapi kita yang mencari gara-gara karena mengikuti nafsu untuk meniggalkan Dia.

Sebagai orang muda, hidup bertanggung jawab menjadi kunci untuk memenangkan kehidupan ini. Seperti Raja Asa yang tetap setia tidak meninggalkan Tuhan, maka Tuhan menyertainya sepanjang pemerintahannya. Kehidupan bersama Tuhan bukanlah kehidupan tanpa peperangan/perjuangan,sebab tidak mungkin ada kemenangan tanpa peperangan.

Belajar dari kunci kemenangan Raja Asa yang bersandar kepada Tuhan, mencari wajah Tuhan, dan bertanggung jawab, maka kehidupanmu pastinya akan terus diberkati dan disertai oleh Tuhan Yesus. Amin.

Jika kalian merasa diberkati dengan artikel rohani / renungan rohani ini, jangan lupa untuk share dan follow kami di instagram dan facebook.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here