3 Tips Mengatasi Rasa Khawatir Yang Datang Tiba-tiba

0
3 tips mengatasi rasa khawatir
Kekhawatiran tidak dapat menyelesaikan masalah kita

GenerasiTerang.com – Kekhawatiran merupaka hal yang sangat berbahaya. Karena khawatir, banyak orang Kristen yang tidak dapat melakukan kehendak Tuhan karena tidak percaya kepada-Nya. Sebagai murid Tuhan, kita tidak perlu khawatir.

Ada begitu banyak alasan yang bisa kita gunakan untuk khawatir, seperti : malapetaka, kekurangan, hal-hal yang tak terduga. Tapi Alkitab berkata dengan jelas tentang itu semua dalam Matius 6:34 “Jangan khawatir”

Khawatir itu seperti apa sih?

Banyak yang berpikir bahwa kekhawatiran adalah perasaan cemas atas suatu hal yang kita khawatirkan. Kami khawatir ketika sedang berkendara, ketika kami kehilangan dompet dalam perjalanan, atau ketika kami sakit ataukah bagaimana hasil pertandingan besok. Secara tidak sadar, kekhawatiran itu sudah lebih dari sekedar perasaan cemas.

Perasaan khawatir adalah salah satu cara iblis untuk mencuri damai sejahtera dari diri kita. Seharusnya kita tidak memberikan iblis peluang untuk mencuri, karena Kristus Yesus sudah memberikan hidup yang berkelimpahan, dan itulah yang harusnya kita inginkan. Alkitab telah mengajar kita untuk mengatasi rasa khawatir itu.

1. Sadari bahwa kekhawatiran tidak akan pernah dapat menyelesaikan masalah kita

Mengkhawatirkan hal-hal yang belum terjadi tidak akan pernah bisa memecahkan masalah tersebut. Yang ada, hal itu hanya akan menambah masalah kita. Mengapa kita harus mengkhawatirkan sesuatu yang sebenarnya dapat kita temukan penyelesaiannya?

Baca Matius 6:26-27 “26 Pandanglah burung-burung di langit, yang tidak menabur dan tidak menuai dan tidak mengumpulkan bekal dalam lumbung, namun diberi makan oleh Bapamu yang di sorga. Bukankah kamu jauh melebihi burung-burung itu? 27 Siapakah di antara kamu yang karena kekuatirannya dapat menambahkan sehasta saja pada jalan hidupnya?”

2. Sadari bahwa Tuhan dapat memenuhi kebutuhan kita lebih dari yang kita bisa

Selanjutnya, kita harus sadar bahwa diri kita ini terbatas, tapi Tuhan tidak. Dia mampu memenuhi semua kebutuhan kita jauh lebih banyak daripada yang bisa kita miliki. Jangan sampai rasa khawatir mengalahkan diri kita.

Baca Matius 6:28-30 “28 Dan mengapa kamu kuatir akan pakaian? Perhatikanlah bunga bakung di ladang, yang tumbuh tanpa bekerja dan tanpa memintal, 29 namun Aku berkata kepadamu: Salomo dalam segala kemegahannya pun tidak berpakaian seindah salah satu dari bunga itu. 30 Jadi jika demikian Allah mendandani rumput di ladang, yang hari ini ada dan besok dibuang ke dalam api, tidakkah Ia akan terlebih lagi mendandani kamu, hai orang yang kurang percaya?”

3. Mencari Tuhan terlebih dahulu, dan biarkan Dia menjaga kekhawatiran kita

Setelah kita menyadari 2 poin diatas, maka lanjutkan pada poin ketiga yaitu mencari Tuhan dan biarkan Dia yang menolong kekhawatiran kita.

Tuhan sangat sayang kepada kita, Dia punya tujuan dalam hidup kita. Karena itu Tuhan memberikan janjinya dalam Matius 6:31-33 “31 Sebab itu janganlah kamu kuatir dan berkata: Apakah yang akan kami makan? Apakah yang akan kami minum? Apakah yang akan kami pakai? 32 Semua itu dicari bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah. Akan tetapi Bapamu yang di sorga tahu, bahwa kamu memerlukan semuanya itu. 33 Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu.”

Tuhan sudah berjanji, jika kita mencari kerajaan dan kebenaran Allah terlebih dahulu, maka hal-hal yang dulunya kita khawatirkan semuanya akan diberikan. Dia ingin memberikan ini kepada kita dengan bebas sewaktu kita mencari Dia.

Karena itu, mengapa tidak mencari Dia bukan malah mengkhawatirkan hal-hal lain?

Jika saudara merasa diberkati dengan artikel ini, jangan lupa untuk klik tombol bagikan dibawah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here