9 Tips Membuat Tidur Lebih Nyenyak

0

GenerasiTerang.com – Jumlah waktu tidur yang baik orang dewasa berkisar antara 7-8 jam. Tapi, untuk memenuhi jumlah tersebut pastinya sangat sulit apabila ada banyak pekerjaan yang harus segera diselesaikan. Terlebih, kondisi stress juga berpengaruh terhadap tingkat efisiensi waktu tidur.

Saat kamu bangun pagi dan merasa sakit kepala, terlebih ketiduran di siang hari, itu tandanya ada yang salah dalam rutinitas yang kamu lakukan. Karena itu ketahui 9 cara mudah agar tidurmu lebih nyenyak

1. Mandi air hangat sebelum tidur

1. Mandi air hangat sebelum tidurDisaat malam, temperatur tubuh mulai menurun dan kita akan mulai merasa lelah, ngantuk, dan lesu. Ketika suhu tubuh menjadi dingin, maka dapat menyebabkan tubuh kita malas untuk melakukan aktivitas penting, seperti bernafas dan memompa darah.Dengan mandi air hangat sebelum pergi tidur bisa membantu tubuh untuk menurunkan temperatur alami tubuh dan juga melemaskan otot-otot tubuh, sehingga bangun pagi jadi lebih segar.

 

2. Mengatur suhu kamar

2. Mengatur suhu kamarSuhu kamar ideal untuk tidur adalah berkisar 20-23 derajat celcius. Bila memungkikan, kamu juga bisa tidur tanpa busana. 

3. Jangan makan malam dekat jam tidur

3. Jangan makan malam dekat jam tidurJangan pernah berpikir untuk langsung tidur selepas makan malam, karena proses pencernaan tubuh membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Langsung tidur sesudah makan dapat meningkatkan kadar asam lambung sehingga dapat memicu sakit maag. Selain itu, terkadang juga bisa menimbulkan rasa panas pada perut, dada, dan tenggorokan. 

4. Jangan bermain gadget ataupun laptop di tempat tidur

4. Jangan bermain gadget ataupun laptop di tempat tidurDalam tubuh terdapat melatonin yang merupakan hormone alami tubuh. Hormon ini diproduksi oleh kelenjar pituitary yang berguna untuk membantumu tidur. 

Baca Juga  3 Tips Mengatasi Rasa Khawatir Yang Datang Tiba-tiba

5. Membuat rutinitas malam yang sederhana

5. Membuat rutinitas malam yang sederhanaMematikan lampu kamar sebelum jam 10 malam, kemudian minum teh hangat sebelum tidur, ataupun membaca buku ringan. Rutinitas malam ini bertujuan untuk memberi tahu otak bahwa waktu tidur sudah dekat, sehingga otak akan mengirimkan sinyal ke seluruh tubuh agar bersiap tidur. 

6. Menjauhkan jam dari tempat tidur

6. Menjauhkan jam dari tempat tidurDengan menjauhkan jam dari tempat tidur akan mengurangi gugup dan cemas ketika kamu terbangun ataupun tidak dapat tidur di malam hari yang berjalan seakan menghantuimu. 

7. Melakukan meditasi atau yoga sebelum tidur

7. Melakukan meditasi atau yoga sebelum tidurDengan olahraga ringan dan relaksasi napas sejenak sekitar 10-20 menit dapat membantu mu untuk tidur lebih nyenyak. Tapi jangan sampai berlebihan, karena tubuh justru akan semakin lelah dan dapat terdistraksi dari tidur. Dengan yoga atau meditasi dapat menenangkan pikiran dari stress di tempat kerja. 

8. Berhenti minum kopi dan alkohol di sore hari

8. Berhenti minum kopi dan alkohol di sore hariAgar tidur menjadi lebih berkualitas, hentikan kebiasaan mengonsumsi kafein dalam bentuk apapun. Baik berupa teh, kopi, minuman energy, soda) dan alkohol setidaknya delapan jam sebelum pergi tidur. 

9. Menyiapkan perlengkapan kantor sebelum tidur

9. Menyiapkan perlengkapan kantor sebelum tidurAgar tidak menggangu watu tidur mu, ada baiknya untuk menyiapkan peralatan kerja sebelum tidur. Entah pakaian dan tas yang akan kamu gunakan ke kantor. Tidak jarang banyak orang yang kepikiran akan hal-hal itu sehingga tidak dapat tidur dengan nyenyak.

 

Sumber

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here