Turunkan Berat Badan Hanya Dengan Minum Air Hangat? Ketahui Manfaat Lainnya!

0
manfaat minum air hangat
Minum air hangat di pagi hari memiliki banyak manfaat

GenerasiTerang.com – Sebagian dari kita tentu terbiasa mengawali pagi dengan meminum secangkir kopi ataupun teh hangat, namun, pernahkah terpikir olehmu untuk minum air hangat?

Tapi tahukan kamu, bahwa manfaat minum air hangat di pagi hari justru lebih banyak dibanding kedua minuman tersebut?

Ahli nutrisi dari lembaga penelitian Food and Nutrition Sciences, Stella Metsovas, mengungkap sejumlah manfaat minum air hangat jika kamu membiasakannya setiap hari.

Ingin tahu apa saja manfaatnya, simak penjelasan berikut yang dirangkum dari Lifehack.org.

1. Mencegah Penuaan Dini

Penuaan dini merupakan momok yang menakutkan, khususnya bagi para wanita. Penuaan diri ternyata diakibatkan menumpuknya endapan racun di dalam tubuh.

Tak perlu khawatir, kamu cukup meminum segelas air hangat setiap paginya untuk memudahkan pengeluaran racun-racun dari dalam tubuh. Selain itu, air hangat terbukti mampu mengembalikan elastisitas kulit.

Bukan tidak mungkin tampilanmu akan kembali seperti remaja setelah membiasakan diri meminum air hangat.

2. Meredakan Rasa Nyeri

Air hangat dikenal sebagai obat alami untuk meredakan nyeri perut di kala menstruasi. Dengan minum segelas air hangat, otot-otot di perutmu akan lebih rileks sehingga rasa nyeri pun reda.

Selain itu, air hangat ternyata memiliki manfaat untuk meningkatkan sirkulasi darah. Kamu yang mengeluhkan nyeri setelah berolahraga, bisa mengompres bagian yang nyeri dengan air hangat.

Dijamin otot-otot yang tadinya kaku akan kembali rileks.

3. Membantu Menurunkan Berat Badan

Apakah kamu pernah merasa sudah melakukan diet tetapi berat badanmu tak kunjung turun? Mungkin kamu harus mulai minum air hangat mulai dari sekarang.

Fakta membuktikan meminum segelas air hangat di pagi hari dapat meningkatkan suhu di dalam tubuh sehingga secara langsung turut meningkatkan sistem metabolismemu.

Jika ingin efek yang lebih cepat, kamu bisa menambahkan perasan jeruk lemon ke dalam minuman hangatmu.

Campuran air hangat dan lemon akan memberikan efek ganda, yakni mampu memecah jaringan lemak di dalam kulit. Air lemon juga mengandung pektin, yaitu serat alami yang mampu mengontrol nafsu makan.

4. Melancarkan Pencernaan

Kabar gembira untuk kamu yang gemar minum air putih hangat. Meminum segelas air hangat di pagi hari terbukti mampu merangsang sistem pencernaan sehingga tubuh akan mencerna makanan secara lebih baik.

Baca Juga  6 Penyakit Yang Dapat Menyerang Tubuh Saat Tidak Sarapan

Sebaliknya, para ahli kesehatan tidak menyarankan kamu untuk minum air es setelah makan karena justru akan mengganggu sistem pencernaanmu.

Meminum air es setelah makan akan memadatkan kandungan minyak dan lemak dari makanan yang kamu konsumsi.

Jika keduanya telah memadat, maka akan lebih sulit dicerna dan berujung pada gangguan pencernaan.

5. Melancarkan Peredaran Darah

Seperti di penjelasan sebelumnya, meminum segelas air hangat di pagi hari memudahkan pengeluaran racun-racun dari dalam tubuh.

Tak hanya racun, endapan lemak dalam saluran darah juga dapat terbuang jika kamu membiasakan diri meminum air hangat. Jika semua itu dihilangkan, maka peredaran darahmu akan lancar.

Selain melancarkan peredaran darah, air hangat juga mampu merenggangkan otot sehingga lebih rileks.

6. Membantu Meredakan Sembelit

Kamu tentu merasa tidak nyaman ketika mengalami sembelit. Jangan khawatir, ada satu cara ampuh untuk meredakannya secara alami.

Kamu cukup meminum segelas air hangat sebelum sarapan. Air hangat dipercaya mampu mendorong pergerakan usus sehingga meredakan efek konstipasi.

Ahli nutrisi, Stella Metsovas juga menekankan kepada para wanita untuk melakukan ini karena mereka memiliki hormon tertentu yang membuatnya lebih rentan terkena sembelit.

7. Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Tips ini cocok untuk kamu yang sering kesulitan untuk tidur nyenyak pada malam hari.

Cobalah untuk meminum air hangat, khususnya saat makan malam dan sebelum tidur, dijamin badanmu akan terasa lebih rileks.

Selain itu, air hangat juga mampu menenangkan saraf-saraf di tubuhmu. Pada akhirnya, kamu akan tertidur nyenyak lebih cepat.

Apakah kamu pernah tiba-tiba merasa lapar di tengah malam?

Tenang, dengan meminum air hangat sebelum tidur, kamu akan terhindar dari rasa lapar yang melanda. Kamu pun dapat bangun pagi dengan perasaan segar.

Bagaimana, apakah kamu berminat mengganti minuman favoritmu dengan segelas air hangat?

 

Disadur dari link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here