Saat Kamu Diperingatkan Nuranimu Dalam Aktivitas Kerjamu, Jangan Abaikan!

ZonaSeru.id - Kapan terakhir kali nuranimu memperingatkan kamu ketika kamu sedang menjalani pekerjaanmu? Mungkin itu baru saja, atau minggu lalu, atau mungkin bahkan beberapa tahun lalu. Sesuatu terjadi atau akan terjadi, dan kamu merasa keputusan tersebut bergesekan dengan nilai-nilai moralitas atau nilai-nilai pribadimu. 

Mungkin kamu merasa bahwa seharusnya kamu tidak memutuskan atau bertindak seperti itu. Tetapi karena tuntutan pekerjaan atau juga kamu sudah memperhitungkan kelebihan dan kekurangannya jika kamu mengikuti seruan hati nuranimu. Mungkin kamu harus kehilangan uang, atau bahkan lebih berat lagi, kamu bisa kehilangan pekerjaan, sehingga akhirnya kompromi. 

Tanda bahaya

Hati nurani adalah alarm atau tanda bahaya yang dirancang Tuhan untuk memperingatkan kita. Tanda bahaya itu  bereaksi berdasarkan nilai-nilai yang kita pegang, nilai-nilai moralitas dan juga Roh Kudus yang ada di dalam kita. Tapi sama seperti alarm atau tanda bahaya, kadang-kadang bisa berbunyi di saat yang salah atau karena alasan yang salah. 

"…Dan oleh karena hati nurani mereka lemah, hati nurani mereka itu dinodai olehnya." (1 Korintus 8:7)

Seorang pendeta dan penulis bernama John MacArthur  menyatakan bahwa hati nurani itu seperti sensor rasa sakit pada tubuh; nuranimu akan menimbulkan kegalauan atau kegelisahan ketika kita melakukan kesalahan, dalam bentuk rasa bersalah ketika kita melanggar nilai-nilai atau apa yang hati kita anggap benar. 

Namun hati nurani kita bisa ternoda dan menjadi lemah ketika kita terus menerus kompromi atau melanggar peringatan tersebut. Hingga pada akhirnya, hati nurani itu tidak lagi bereaksi. Itu sebabnya ada orang yang melakukan kejahatan atau dosa tanpa merasa bersalah lagi. 

Dalam 1 Timotius 4:2 versi FAYH menuliskan seperti ini, "Pengajar-pengajar ini akan berdusta dengan wajah jujur dan begitu seringnya hal itu mereka lakukan, sehingga hati nurani mereka tidak lagi menuduh mereka."

Apa Pendapatmu?

Artikel Terkait