Kepahitan Sama Seseorang Bisa Jadi Sumber Penyakit Loh! Yuk Cek Kondisi Hati Kamu…

ZonaSeru.id - Sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa menahan kepahitan bisa jadi sumber penyakit. Dimana tim peneliti dari Universitas Concordia tersebut mencoba menemukan korelasi antara kegagalan, kepahitan dan kualitas hidup.

“(Seseorang yang mengalami) Kepahitan terus menerus bisa menyebabkan perasaan marah dan permusuhan yang meluas, jika dibiarkan bisa mempengaruhi kesehatan fisik seseorang,” kata psikolog Dr. Carsten Wrosch.

Dalam penelitian tersebut, Dr Wrosch menyampaikan bahwa beberapa orang mencoba menghindar dari rasa pahit dan yang lainnya justru menahannya.

Selama 15 tahun terakhir, Wrosch meneliti bagaimana emosi negatif, seperti penyesalan dan kesedihan mempengaruhi hidup seseorang. Salah satu kepahitan yang dialami seseorang kebanyakan ditimbulkan dari kegagalan, kemarahan dan tuduhan.

“Saat dipendam dalam waktu yang lama, kepahitan bisa menyebabkan pola disregulasi biologis (gangguan fisiologis yang bisa mempengaruhi metabolisme, respon imun atau fungsi organ) dan penyakit fisik,” katanya.

Untuk menghindari serangan kepahitan akibat kegagalan, Wrosch menyarankan supaya seseorang mencari cara menghindar dari kegagalan. Tapi kalaupun dia tidak menemukan caranya, setidaknya dia harus merelakannya.

Tapi dalam beberapa kasus, kepahitan ini muncul bukan hanya dari faktor kegagalan saja. Tapi juga bisa dari kekecewaan kepada orang lain dan permasalahan yang melibatkan hubungan dengan seseorang. Dan kepahitan dalam kasus ini hanya bisa disembuhkan dengan menjalani pemulihan dengan orang-orang yang membuatnya kepahitan.

Apa Pendapatmu?

Artikel Terkait