Kebiasaan Menunda Bikin Kerjaan Gak Kelar? Yuk Atasi Pakai 3 Cara Ini…

ZonaSeru.id - Salah satu penyebab kebiasaan menunda adalah karena kita gak fokus dengan prioritas utama. Penyebabnya sering kali muncul dari distraksi atau gangguan yang bisa muncul dari mana-mana.

Bisa jadi dari sosial media, teman-teman atau pekerjaan lain yang lebih menarik perhatian. Contoh nyata penundaan ini katakan saja seperti di pagi hari sesaat setelah bangun tidur. Sebenarnya kita sudah menyusun prioritas di malam sebelumnya kalau setelah bangun kita harus baca Alkitab dan doa lebih dulu. Tapi nyatanya, saat alarm ponsel berbunyi kita lalu meraihnya dan mematikan alarm. Alih-alih menaruh ponsel itu kembali ke tempatnya, kita malah langsung membuka sosial media Instagram dan menghabiskan waktu di sana.

Akibatnya, prioritas baca Alkitab dan doa pun tertunda. Lalu kita mulai menyadari kalau waktu sudah terbuang banyak dan menyesalinya. Apakah kamu biasa mengalaminya?

Dalam sebuah buku karangan penulis Nir Eyal berjudul Indistractable, dia menuliskan kalau masalah penundaan bisa muncul karena notifikasi dari benda-benda yang ada di sekitar kita.

Contohnya, saat ponsel yang kita taruh di ruangan sebelah tidak menimbulkan suara atau bunyi, maka kita tidak akan dipaksa untuk mengambil dan memeriksanya.

Karena itu supaya waktu berharga kita gak terbuang sia-sia karena distraksi atau gangguan dari berbagai hal di sekitar kita, ada baiknya melakukan 3 cara ini:

Pertama : Jika penundaan muncul dari suara atau notifikasi ponsel atau benda lain lebih baik mematikannya.

Sebuah penelitian melibatkan para pramugari yang suka merokok. Mereka lalu ditanya kenapa mereka merokok dan apa yang membuat mereka suka melakukannya.

Penelitian ini menemukan bahwa kecenderungan merokok mereka disebabkan oleh jarak penerbangan yang mereka lakukan. Semakin pendek jarak penerbangannya maka semakin meningkat pula keinginan merokok mereka. Sementara yang melakukan penerbangan lebih dari sembilan jam sama sekali tidak memiliki keinginan untuk merokok.

Kita bisa menarik kesimpulan bahwa saat kita semakin dekat dengan benda-benda yang bisa mengalihkan perhatian maka semakin besar pula peluang untuk kita melakukan penundaan. Karena itu sangat disarankan untuk menjauhkan benda seperti ponsel atau menjaga jarak dari teman-teman yang suka ngobrol untuk membuat kita tetap fokus pada prioritas yang harus diselesaikan.

Apa Pendapatmu?

Artikel Terkait