Ini Kunci Biar Suami Istri Jadi Pengelola yang Baik Dalam Rumah Tangga yang Diberkati

ZonaSeru.id - Dalam pernikahan, uang memegang peranan yang sangat penting. 

Pasangan yang baru menikah mungkin masih perlu belajar bagaimana cara untuk mengelola keuangan rumah tangga yang benar. Karena itulah penting untuk menyampaikan bagaimana Tuhan ingin setiap pasangan menikah bisa jadi pengelola keuangan yang baik dalam rumah tangganya. Dengan itulah Tuhan bisa memberkati dan mencukupkan setiap kebutuhan rumah tangga.

Setelah menikah, ada baiknya untuk menyatukan pandangan soal uang dan cara mengelolanya. Suami istri disarankan untuk melakukan beberapa hal ini:

• Bicarakan tentang uang secara terbuka dan transparan, termasuk soal penghasilan, tabungan dan pinjaman.

• Jangan menyimpan pendapatan lain dari pasanganmu.

• Suami istri perlu punya pandangan yang sama bahwa mereka hanyalah pengelola dari uang Tuhan.

• Suami istri perlu tahu cara menggunakan uang sesuai dengan kehendak dan firman Tuhan. Cara menggunakan uang yang sesuai dengan kehendak dan firman Tuhan bisa dalam bentuk membantu orang lain, berinvestasi di lahan yang benar. Sementara yang tidak sesuai kehendak Tuhan bsia berupa memakai uang untuk berjudi, minum-minuman, mencari riba dari orang lain dan sebagainya.

• Suami istri perlu tahu pentingnya membuat daftar anggaran, seperti menyusun anggaran yang paling prioritas sampai yang kurang prioritas. 

Contoh, perpuluhan dan persembahan khusus, tabungan atau investasi, kebutuhan keluarga dan yang lainnya.

• Penting bagi suami istri untuk tidak menyalahgunakan uang untuk tujuan yang tidak sesuai dengan kebutuhan.

Selain beberapa hal di atas, pengelolaan keuangan yang baik juga ditentukan pada pembagian tugas suami istri. Salah satunya adalah dengan menetapkan siapa yang bertanggung jawab dalam mengelola keuangan. Jika keduanya sepakat memang harus dilakukan oleh suami, maka suami perlu mengatur keuangan rumah tangga dengan bijak dan adil. Dia harus punya misi yang jelas dan memandang ke depan demi kebaikan keluarga. Misalnya, memikirkan untuk memiliki rumah sendiri dalam satu atau dua tahun setelah menikah.

Apa Pendapatmu?

Artikel Terkait