Beda dari Rasa Galau Biasa, Depresi Itu Penyakit Serius! Usir Jauh-Jauh Dengan 8 Cara Ini

ZonaSeru.id - Depresi adalah suatu hal yang normal ketika kita terlalu banyak menerima tekanan, sehingga menyebabkan otak kita memikirkan terlalu banyak hal dan menganggu aktivitas kita.

Depresi sebenarnya diakibatkan dari banyak faktor, mulai dari masalah yang sepele hingga masalah yang besar. Jika depresi terus menerus dibiarkan maka ini bisa berdampak sangat buruk bagi kesehatan kita, dan aktivitas kita.

Sebagai umat Kristen, tampaknya kita sudah sering sekali membaca firman agar kita bisa santai dalam menghadapi masalah dan tidak depresi, tapi nyatanya masih terlalu banyak orang yang belum terbiasa, dan berdamai dengan situasi ini.

Secara praktik, inilah hal yang mungkin bisa kamu lakukan dalam menghadapi depresi.

1. Jangan berharap terlalu banyak dari dirimu sendiri dengan waktu yang terlalu cepat, karena ini hanya akan menonjolkan perasaan yang gagal. Serta hindari yang untuk membuat sebuah tujuan yang sulit atau mengambil tanggung jawab baru yang ambisius  jika kamu sudah membangun struktur yang kuat. 

2. Selesaikan tugas yang besar dan bagi menjadi kecil. Misalnya dengan menetapkan apa yang menjadi prioritasnya kamu dan lakukan apa yang bisa kamu lakukan, karena itu bisa dilakukan. Jangan memaksakan melakukan hal besar.

3. Kenali pola dalam suasana hati kamu.

Seperti banyak orang lainnya yang mengalami depresi, bahwa bagian terburuk dari harimu mungkin di pagi hari, jadi cobalah untuk mengatur jadwal kamu dengan tepat setiap pagi. Misalnya, jika kamu benar-benar semangat di pagi hari, silahkan melakukan meeting di pagi hari. Jika itu malam, silahkan lakukan meeting di malam hari.

4. Berpartisipasilah dalam kegiatan yang membuat kamu merasa jauh lebih baik. Misalnya mencoba olahraga, menonton film atau mungkin pertandingan bola. Jika itu kamu tidak sukai, cobalah untuk berpartisipasi dalam kegiatan gereja atau sosial. Paling nggak, kegiatan seperti itu bisa mengalihkan perhatian kamu dari perasaanmu dan membiarkan hari berlalu lebih cepat.

Apa Pendapatmu?

Artikel Terkait